Ke Blitar, Apa Yang Kukejar

Semarang – Solo – Blitar

Rindu. Aku merindukan atmosfir perjalanan. Suasana keramaian stasiun kereta menjelang keberangkatan. Hiruk pikuk orang yang silih berganti berdatangan. Macam-macam gaya pakaian orang saat bepergian. Dan kesepian yang tiba-tiba datang.

Pembelajaran. Aku ingin belajar dari sebuah perjalanan. Mulai dari persiapan sampai akhir tujuan. Aku ingin tahu lebih banyak hal yang tak sampai bisa ku bayangkan. Sampai benar-benar tersadar, bahwa diri ini hanyalah mahluk Tuhan yang  masih butuh banyak belajar. Maka hilanglah rasa kesombongan. Maka hilanglah rasa kepintaran. Maka hilanglah rasa percaya diri yang berlelebihan. Aku ingin tahu lebih banyak tentang aku. Yang terkadang hilang.

Kesalahan. Aku ingin tahu kesalahan demi kesalahan yang sangat mungkin aku lakukan. Biar jadi pembelajaran. Biar jadi pendewasaan. Biar tidak berulang. Biar jadi cerita di masa yang mungkin datang. Dari sini, aku akan lebih tahu, bagaimana aku dan logikaku. Aku dan keputusanku. Aku dan perasaanku. Yang mereka saling berkaitan. Yang mereka punya andil atas aku yang sekarang. Dan mungkin di masa depan.

Perkenalan. Sangat indah mengenal orang lebih dalam. Tak sekedar bercakap. Tak sekedar berjalan-jalan. Tapi tahu latar belakang yang sungguhan. Agar tak mudah buat penilaian, atas keburukan yang nampak di depan. Bahwa hidup adalah perkenalan yang sebentar. Tak punya waktu lama agar bisa mengenal banyak orang. Yang suatu saat akan dikenal. Bahkan oleh yang tak mengenal. Maka, kenallah. Kenallah atas orang lain. Bisa jadi ini jalan mengenal diriku. Utamanya Tuhanku.

Spiritual. Perjalanan membuatku berpikir. Atas ritual keagamaan yang aku praktikkan. Sudah benarkah? Lantas mengapa itu aku kerjakan? Ada kemudahan. Oh, inikah keindahan lainnya. Bertuhan.

šŸšˆBlitar, East Java

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s