Hari Rabu

Selanjutnya adalah Memulai belajar, Pengaturannya dan Urutannya.

Hari Rabu adalah hari sempurna untuk memulai belajar. Hari itu adalah hari turunnya cahaya dari Allah. Maka, guru Syaikhul Islam Burhanuddin Rahimahullah  meriwayatkan hadits di bawah ini:

ما من شئٍ بدئَ في يوم الاربعاءِالاّ وقد تمَّ

Tiada sesuatu yang dimulai di hari Rabu melainkan pasti akan sempurna.”

5

Hari Rabu adalah hari yang pedih bagi kaum kafir dan penuh berkah bagi orang mukmin. Seperti Syeikh Abu Yusuf Al Hamadani Rahimahullah yang memulai seluruh amal kebaikannya di hari Rabu.

Dalam kitab Ta’lim muta’alim, secara ringkas bahwa murid baru perlu mengulang pelajaran sebanyak dua kali secara perlahan. Setelah itu tetap diulang setiap harinya. Jika dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahminya, misalkan perlu 10x, maka diakhir juga 10x karena sudah terbiasa dan sebaiknya tidak meninggalkan kecuali kesusahan. Murid baru juga perlu membaca kitab yang lebih mudah agar tertarik dan mudah mengena.

Namun tambahan untuk kami dari ustadz, kebiasaan mempelajari kitab memang tidak biasa bagi banyak santri di pondok kami. Menurut saya, perlu usaha membagi waktu, menghilangkan malas dan tekad yang kuat untuk belajar yang istiqomah (konsisten) dan efektif.

Wallaua’lam bishowab.

Yk, 15.03.16

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s