Aku ini Apa dan Siapa Aku ini

Sungguh saya sedang mencari jati diri.

Aku ingin seperti mereka yang bisa berkutat dengan buku, referensi dan merasakan lelahnya belajar

Aku ingin seperti mereka yang kritis, pandai bertutur kata dan sosialis

Aku ingin seperti mereka yang aktif berkegiatan dan berpetualang

Aku juga ingin seperti mereka yang ta’dzim dan zuhud akan dunia

Aku ingin semuanya, hingga aku bingung memilih yang mana

Bahkan aku sempat bermimpi menjadi mahasiswa berprestasi (Mapres) dan mewakili UGM di tingkat nasional

Sekarang kesempatan itu pun sudah di depan mata

Tapi aku tak siap menyambutnya

Aku tak siap Allah

Aku tak punya kemampuan membuat karya tulis ilmiah

Aku belum matang

Karakterku masih lemah

Aku juga tak pandai mengutarakan pendapat

Lalu mauku apa?

“If you can dream it, you can do it!”

Tak segambang mengucapkannya

Aku berda di titik terlemah

Kepergianku ke Jepang yang membuat orang banyak terkesan,

aku tak menikmatinya

Aku makin bingung dengan pilihan-pilihan ku ini

Ada mereka yang senang berdo’a, dan hanya berdo’a

Ada mereka yang sangat peka, tapi luarnya biasa saja

Ada mereka yang individualis, tapi prestasinya sangat prestis

Ada mereka yang sosialis, tapi hidupnya dramatis

Ada mereka yang ceria, tapi dalamnya menyimpan banyak luka

Lantas, aku harus menjadi siapa dan apa?

Leave a Reply

