Antara Bodoh dan Pintar

بسم الله الر حمن الر حيم
ويل لمن لا يعلم ، وويل لمن علم ثم لا يعلم. رواه ابو نعيم
Orang-orang yang celaka diantaranya mereka yang bodoh (tidak berilmu) tetapi tidak mau belajar dan orang pintar (berilmu) tetapi tidak mengamalkannya.
Sebagai contoh orang yang merasa sudah pandai membaca Al-Qur’an, padahal masih banyak terdapat kekeliruan. Maka orang tersebut adalah orang yang celaka karena tidak mau belajar bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.  Sedangkan orang yang berilmu, tetapi tidak mau mengamalkannya, maka orang tersebut juga termasuk orang yang celaka. Mencari ilmu itu tidak mudah, apalagi harus mengamalkannya.
Akan tetapi orang yang bodoh, tetapi mau belajar, jika terdapat kesalahan dalam belajarnya, maka hal itu setara dengan orang yang berilmu (dimaafkan Allah SWT).
ويل : وادفى جهنم, يهو ى فيه الكا فراربعين خريفا قبل ان يبلغا قعره. رواه الحا كم عن ابى سعيد
Neraka Wail adalah jurang di dalam neraka Jahanam. Pada kecepatan cahaya selama 40 tahun, penghuni neraka Jahanam masuk ke neraka wail.
Sebagai manusia, berdoalah agar tidak sedikitpun mencicipi bagian neraka. Diantara penghuni neraka tersebut ialah orang-orang yang bodoh tetapi tidak berilmu dan berilmu tetapi tidak mengamalkan, seperti hadist diatas.
الولدثمرة ا لقلب, وانه من ريحا ن الجنة. رواه التر مذى
Anak adalah buah hati, dan anak adalah bagian dari wanginya surga.
Maka dari itu, untuk membuat anak, tidak dengan sembarangan. Sebagai suami isteri yang sah, perlu diniatkan dari keduanya.

Wallahu a’lam bishawab.
Catatan:
Diatas adalah petikan bandongan ba’da Magrib kitab مختارالاحاديثالنبويت yang disampaikan oleh Pak Kyai Hamdani Yusuf di pesantren Inayatullah. Mohon maaf apabila ada kesalahan tafsir atau menulis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s