Senja Pertama dalam Nuansa Syukurku pada-Nya

Tak sabar menunggu sore pertama di kota Tokyo tepatnya di Best Western hotel. Subhanallah, fasilitas yang super lengkap. Sedikit malas ke luar hotel, mengingat semua hal yang aku suka bisa dilakukan di dalam kamar. Selesainya mandi, ternyata kedua temanku berencana menuju Disney Land Tokyo. How much to get there? Butuh koin sekitar ¥700. Aku belum bisa memutuskan apakah bisa ikut dengan mereka atau tidak. Hatiku bergejolak, tapi raga ini berat menolak melihat wajah dua temanku yang sangat bersemangat mengunjungi Disney Land Tokyo. Aku berjalan menuju halte dengan harapan rencana ini tidak berhasil. Kami menyusuri jalanan Tokyo di sore hari untuk mencari bus yang bisa mengantarkan kami ke tempat tujuan.

Tiba-tiba seorang laki-laki tua mendekat dan menanyakan kemana kami akan pergi. Pandangannya tertuju padaku. Namun aku tak memperlihatkan raut muka semangat padanya. Setelah kedua temanku menjelaskannya, beliau dengan semangat bertanya ke orang lain. Sebuah halte di dekat perempatan, membuatku terdiam. Aku masih belum mengambil keputusan. Sejenak, kata yang diucapkan bapak tersebut membuatku segera menoleh, “Assalamu’alaykum”. Segera aku menjawab, “are you Moslem?” “No, I’m not”. Rasa senang dan bersyukur bisa membawa Islam di negeri orang. Namun segera aku memutuskan dan bilang ke dua temanku, “Sepertinya aku tidak enak badan, kalian berdua pergi aja, aku kembali ke hotel yaa,” aku pun bingung dengan diksi yang sudah terucap. Semoga mereka mengerti.“Seriusan wir?” kata Lydia dengan wajahnya yang keheranan.“Iya serius, have fun yaaaa!” kataku dengan yakin dan segera meninggalkan bus stop.

Aku berjalan menuju hotel. Melihat sisi kanan dan kiri, aku pun sangat bersyukur bisa berada di sini. Gedung, jalan, tulisan, toko, semua bernuansa Jepang. Dimana hotel itu? Aku tetap berjalan dan berusaha menemukannya. Namun, keterbatasan memori ini memaksaku untuk bertanya. “Excuse me sir, could you please show me Best Western hotel?” tanyaku pada seorang laki-laki yang mengendarai sepeda, yang sepertinya pengantar surat. “Eh,” jawabnya singkat lalu tiba-tiba terdiam.“Should I turn left then turn right?” tanyaku dengan penasaran.“Eh, yeah,” jawabnya singkat dan terlihat bingung, beliau sepertinya tidak berbahasa Inggris. Dengan segera dia mengambil kertas yang ada di sakunya dan menggambar arah untuk menuju hotel yang aku maksud. Aku pun sangat berterima kasih padanya, orang Jepang.

  CIMG5150 CIMG5148
Berjalan sesuai arah yang ditunjukkannya, aku merasa dia mengikutiku dari belakang. Tetap berjalan lurus, belok ke kiri, berjalan lurus lagi, dan saat mau belok ke kanan, aku meliahat orang Jepang itu dari kejauhan. Dia meyakinkanku, bahwa benar aku harus belok ke kanan. Subhanallah, persis sesuai cerita Mbak Erpin sepulang dari Jepang. Orang Jepang sangat ringan tangan menolong orang sampai masalah terselesaikan. Sekarang aku sudah membuktikannya.

CIMG5153 CIMG5151
Sesampainya di hotel, aku mulai mengkoneksikan laptop ke internet. Menulis, bercerita, dan melihat suasana Jepang di sore hari dari jendela kamar lantai 4 . Setelah mulai gelap, aku keluar hotel menuju bus stop sore tadi. Aku melihat orang-orang yang tertib mengantri dan orang-orang yang berjalan sangat cepat. Deretan toko dan jalanan yang sepi kendaraan tapi ramai oleh sepeda angin dan orang-orang yang bergantian menyebrang. Setelah puas memasuki toko demi toko, aku pun kembali ke hotel. Ternyata dua temanku sudah berada kamar. Kami menghabiskan malam sebelum tidur dengan penuh tawa. Provokatornya ya Lydia. Satu projek sebelum tidur, yakni mencatat jadwal shalat di Myoko lengkap dengan arah kiblat.

CIMG5175 CIMG5170 CIMG5180 CIMG5165

Leave a Reply

