Ketulusan Hati darinya “Mr. Toya”

Ternyata matahari sudah menujukkan sinarnya, betapa indahnya lagi saat melihat awan-awan berkumpul. Istimewanya adalah daratan yang bisa dilihat dari jendela. Yup, Jepang. We have arrived in Japan. Smothly landing, it’s really international class.

Aku dan dua temanku sangat bersemangat berjalan menuju tempat penjemputan. Aku sempatkan masuk ke toilet. Kebersihan dan kelengkapan fasilitasnya patut diacungi jempol. Dry, clean, and complete. Semua terlihat bersih dan teratur. Sambil menunggu pukul 11.00, aku duduk bersebrangan dari dua teman saya. Mengamati lingkungan sekitar. Orang-orang telah berubah. Kebanykan mereka berkulit putih dan bermata sipit.

Tiba-tiba, an old man came to us “Excuse me, are you students from Gadjah Mada University?” he said. Ternyata beliau adalah panitia yang menjemput kami. Kami pun melanjutkan perjalanan ke hotel dengan kereta. Tiket seharga ¥1030 kami bayarkan. Aku pun sempat ragu. Benarkah? Karena menyangkut masalah uang, aku sangat takut dengan segala modus penipuan, sedangkan tertulis bahwa biaya transportasi selama di Jepang ditanggung panitia. Aku simpan tanda tanyaku itu.

Namun, ketulusan bapak Toya meyakinkanku bahwa beliau mengusahakan yang terbaik. Membantu mengangkat koper hingga menraktir makan siang dengan menu Soba di restoran Asakusa Tokyo. Oh, beliau seperti malaikat. Ketulusannya dapat kami tangkap. Sayangnya Mie soba yang disajikan bersamaan dengan nasi seafood, masih tersisa di piring. Aku rasa porsinya kebanyakan. Benar-benar mengenyangkan. Satu hal unik dari Jepang, setiap gelas yang kosong, pelayan akan mengisinya lagi. Jika terlihat berkurang bahkan kosong, maka akan diisi kembali. And it’s for free.CIMG5100 CIMG5119 CIMG5129 CIMG5132 CIMG5136 CIMG5145

Leave a Reply

