PPSMB GAMADA 2013

 PPSMB GAMADA 2013

PPSMB (Pelatihan Pembeajar Sukses Mahasiswa Baru) Universitas Gadjah Mada diselenggarakan mulai dari tanggal 2 – 4 September 2013 . Kegiatan PPSMB terdiri dari tingkat universitas dan  fakultas. Untuk sekolah Vokasi PPSMB terbagi menjadi 3 yaitu PPSMB universitas, PPSMB  fakutas dan PPSMB cluster.

Sebelum dilaksanakannya acara, panitia mengadakan TM (Technical Meeting) untuk memperlancar jalannya acara PPSMB. Di samping itu panitia telah memberikan tugas yang dipublikasikan secara online kepada peserta PPSMB gamada 2013. Tugas yang terhitung banyak baik individu maupun kelompok diberengi jadwal TM yang berurutan mengharuskan para gamada untuk lembur hingga larut malam. Hal yang sama ketika mengingat 3 tahun lalu saat MOS di masa – masa SMA.

2 September 2013

Di pagi buta yang masih gelap, saya seorang diri berjalan menuju GSP (Grha Sabha Pramana). Entah apa yang terjadi, saya merasakan kesendirian yang amat dalam. Dua teman kontrakanku Liana dan Veni sudah terlebih dahulu berangkat. Kemudian saya menelpon Mimi untuk mengobati rindu dan Alhamdulillah bisa berbagi cerita seputar aktivitas baru kita.

PPSMB PALAPA

Sesampainya di GSP terlihat hanya beberapa orang saja yang mondar-mandir kesana kemari. Di seberang saya ada gamada putri yang kemudian saya hampiri bernama Ivy dari jurusan Teknik Geologi (Jakarta). Dia terlihat sangat baik dan mudah bergaul.

Acara pertama adalah upacara yang diikuti oleh 9.000 lebih gamada yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Hal yang paling berkesan adalah ketika helipkoter mengelilingi lapangan GSP yang membawa spanduk bertuliskan “SELAMAT DATANG PEMIMPIN BANGSA”. Subhanallah, masa depan bangsa ini memang berada di pundak pemuda khususnya gamada untuk melaksanakan  tugas dan kewajiban yang semestinya. Sungguh Allah Maha Mengetahui apa yang tidak diketahui hamba-Nya. -KampusKerakyatan-

Setelah upacara pembukaan, sayaIMG-20130903-WA0003 yang tergabung dalam kelompok Soshum gugus Purbatjaraka kelompok wanggar  menuju  FIB untuk mendapatkan materi salah satu dosen tentang Universitas Gadjah Mada. Kesan saya saat berada di kelas adalah kurangnya kemampuan saya dalam berinteraksi dengan sesama gamada. Arsa dari Palembang jurusan HI membuat saya ingin memiliki kemampuan berkomunikasi sebaik dia. Hugo dari Jakarta jurusan Ilmu Hukum (IUP) selalu mencairkan suasana dengan style nya ala anak Jakarta. Tapi sedikit susah untukku mengikuti atmosphere yang dia ciptakan. Itulah bagian tantangan yang saya harus pecahkan.

3 September 2013

Hari ini adalah hari ke-2 PPSMB PALAPA. Tugas gamada secara individu dan kelompok harus dipersiapkan secara matang. Saya yang baru menyelesaikan tugas life mapping pagi itu, berangkat terakhir diantara teman kontrakan lain. Kesan saya hari ini adalah bahwa saya harus berani keluar dari zona aman. Orasi yang dilakukan pak Jusuf Kalla dan ketu BEM KM UGM membuat hati saya tergerak! Masa depan bangsa yang sekali lagi berada di tangan pemuda.

Banyak hal yang belum saya gali dari Wanggar. Saya masih ingin melihat gurauan Hugo, mendengar cerita inspiratif nya Arsa dan melihat nervous nya  Kakak pemandu mas Zainal saat tampil di depan. Semua hal itu membuat hati terasa berat untuk mengatakan bahwa PPSMB PALAPA telah selesai. Semoga banyak hal yang bisa didapat dari pertemuan singkat tersebut. J

4 September 2013photo0043

Hari pertama sekaligus terakhir untuk PPSMB Permadani (fakultas) karena hanya berlaku setengah hari. Saya yang menyelesaikan essay pagi itu berangkat terburu-buru karena acara akan dimulai jam 5.30 WIB. Namun kata kakak pemandu mbak Eka tidak ada KOMDIS yang akan menghukum keterlambatanku. Acara yang berlangsung di gedung lantai 2 GSP berlangsung sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, di situlah saya merasa diyakinkan akan keberadaanku sebagai mahasiwa baru Sekolah Vokasi UGM. Walaupun rasa kantuk sesaat datang, hal itu dapat saya singkirkan oleh semangat yang membara! Kehadiran saya di Jogjakarta bukan tanpa alasan. Allah memiliki rencana terindah. J

Apalagi saat seorang Trainer, Writer and Speaker bernama mas Tyo sedang berbicara di depan. Beliau seperti menancapakan paku semangat besar ke dalam diri saya. Mas Tyo adalah alumni SV UGM jurusan Ekonomi yang hanya memiliki title A.md. namun apa yang telah dicapainya  sekarang belum tentu bisa dilakukan oleh lulusan S1. Sekecil apapun usaha yang diupayakan berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan. Masa depan adalah milik orang yang memiliki impian.

Semangat mendengarkan untaian kalimat dari Mas Tyo tiba-tiba terhenti oleh panggilan Mbak Eka. “ Wirda, ikut aku yuk?” katanya. Setelah saya mengikutinya, ternyata terdapat satu orang perwakilan tiap suku untuk dipilih menjadi duta PPSMB PERMADANI dengan syarat bisa menjawab 3 pertanyaan yang diajukan oleh panitia. Siapa yang cepat dia akan mendapat kesempatan menjawabnya.

Saya pun sangat semangat mendengar hal itu. Namun ternyata dari tiga pertanyaan yang diajukan saya hanya bisa menjawab 2 pertanyaan, sisanya ngarang :D. Point yang bisa saya ambil di sini adalah bahwa seorang pemimpin selalu siap dalam kondisi apapun sekalipun berada dalam kondisi yang buruk. Semoga kedepannya bisa lebih baik aamiin. J

Setelah PPSMB PERMADANI yang berlangsung selama setengah hari, dilanjutkan dengan PPSMB cluster yaitu PPSMB Lentera Budaya. Slayer siap dipasang dan menuju lapangan GSP berkumpul dengan anggota sanggar Pendet lainnya. Perjalanan menuju sekolah vokasi terasa sangat melelahkan, namun semangat tak pernah terpatahkan. Acara berlangsung meriah berupa pentas seni yang dibawakan oleh 3 MC (Master of Ceremony).

Namun, pada sore harinya kita dibawa ke sebuah ruangan untuk mengecek semua perlengkapan dan tugas yang telah diberikan. KOMDIS datang dengan wajah yang usang teriak dan melatih mental peserta PPSMB lentera budaya. Yeah, tugas tambahan datang dan saya pikir tidak ada tidur nyenyak untuk malam itu. Kami sanggar Pendet mengerjakan semua tugas yang perlu dikerjakan bersama di lingkungan kantor BNI hingga pukul 8 malam. Alhamdulillah bisa pulang dengan selamat. J

5 Sepetember 2013

Tak terasa hari ini adalah hari terkhir PPSMB lentera budaya. Pagi itu diawali dengan wajah KOMDIS yang luar biasa juteknya. Parahnya ada beberapa teman saya yang belum mendapat name tag ditambah 1 anak yang satum (salah kostum). Point yang saya dapat adalah bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kemampuan teamwork.photo0048

Acara diisi oleh beberapa narasumber inspiratif. Mata lelah tak bisa lagi tertahan dan akhirnya beberapa kali diingatkan oleh KOMDIS agar tidak tidur. Dari materi yang diungkapkan oleh beberapa narasumber, hal yang bisa saya peroleh adalah bagaimana  bisa memanfaatkan kemampuan untuk bisa fokus dan benar-benar memiliki keinginan kuat untuk sukses. Sempat menyesal kerana tidak sempat melontarkan pertanyaan dan maju ke depan untuk memcahkan games yang beliau ciptakan.photo0049

Suasana menjadi lebih hangat ketika panitia mengadakan permainan. Bentuk permainan seperti yang sedang outstanding di salah satu stasuin TV swasta yaitu dengan menebak kata dimana lawan main memberi clue “ya tidak bisa jadi”. Saat semua larut dalam canda ria, tiba – tiba salah satu KOMDIS memberhentikan acara dan mengatakan bahwa acara PPSMB lentera budaya gagal total! Tidak lain tidak bukan akibat pesertanya yang tidak mematuhi aturan. Namun saya tidak heran, mereka memang mencari-cari alasan agar bisa melatih mental peserta. Saya pun sempat meneteskan air mata, bukan karena teriakkan mereka namun karena pikiran saya yang terbang melayang mengingat orang tua di rumah. I miss them a lot !

Pada akhirnya semua berakhir dan dipentaskan kesenian dari beberapa prodi. Tanpa disangka – sangka sebelumnya, sanggar Pendet mendapat predikat best of the best! Hahaha out of thinking.  🙂

Leave a Reply

