Teringat satu mimpiku yang mulai memuncak menjadi PASKIBRAKA. Saat itu aku duduk di kelas VIII SMP. Bagaimana caranya supaya saat SMA aku bisa menjadi anggota PASKIBRAKA.

Begitu lulus dari SMA, aku mantapkan untuk bergabung di ektakulikuler BARATA (Barisan Adi Tanggap Tanggon Tengginas). Aku sangat percaya diri masuk organisasi itu karena posturku yang tinggi ditambah kakakku yang juga alumni BARATA. Baru beberapa kali pertemuan, diadakanlah pemilihan untuk bergabung menjadi pasukan 45. Dengan ambisi ku yang tinggi dan gaya sotoy aku yang optimis terpilih ternyata  sangka aku memang benar gagal. Lantas aku beranikan untuk bertanya kepada panitia penyeleksi tentang kriteria apa saja agar bisa bergabung di pasukan 45. Dijawablah PBB harus bagus.

Hopeless banget! Aku yang kecewa harus menerima kenyataan. Impian ku selama ini terasa sangat memudar. Untuk event awal saja aku sudah gagal, begaimana dengan menjadi perwakilan SMA N 1 DEMAK (?) Terasa impossible.

Namun aku luruskan niat, bahwa masuk BARATA bukan hanya untuk menjadi PASKIBRAKA melainkan berorganisasi dan mencari pengalaman. Dari situ muncul energi yang membuatku semangat kembali untuk menjadi anggota BARATA SMA N 1 DEMAK.

Dengan kedisiplinan dalam mengikuti serangakaian Diklat (Pendidikan dan Latihan) dan rutinitas latihan, Lurah selaku ketua mempercayaiku utuk mewakili SMA N 1 DEMAK dalam seleksi anggota PASKIBRAKA Kabupaten DEMAK 2011. Alhamdulillah 🙂

Image

Selama 20 hari di bulan puasa saya dan anggota PASKIBRAKA lainnya menjalani pelatihan di asrama . Puasa hanya 5 hari saya jalankan. Hal itu menyebabakan bulan Ramadhan yang penuh ampunan tidak terasaspesial seperti bulan Ramadhan sebelumnya. Namun Allah memberikan berkah dengan mewujudkan impian dan ambisiku. 🙂 Sungguh karunia yang tak terkira.

Satu hal yang membuatku sadar bahwa mimpi adalah milik semua orang. Namun hanya Allah yang berhak merealisasikan. Dibalik sebuah kegagalan, ada semangat hebat yang membangkitkan.

QS. Al-Baqarah : 216

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

Pasti ada hikmah di balik semua peristiwa termasuk kegagalan. Move on!

Image

 

Leave a Reply

